Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Vagina bagi wanita diibaratkan seperti jantungnya. Karena vagina jika terserang jamur atau bakteri akan menimbulkan penyakit. oleh karena itu, vagina juga perlu diperhatikan kesehatan. Ini dia tipsnya!

Jangan menggunakan Sabun saat membersihan vagina, karena pH di daerah intim tersebut berbeda dengan sabun pembersih yang dibuat oleh pabrik. Jika kalian sering menggunakannya akan menimbulkan keputihan dan penyakit malahan. Disarankan kalian membersihkannya menggunakan air bersih saja untuk membasuhnya.

Menggunakan celana dalam dari bahan katun dianjurkan karena akan membantu kalian menjaga kelembapan di daerah vagina. Celana dalam wanita dengan bahan katun fungsinya menyerap keringat dan cepat kering. Dan lebih baik kalian sering mengganti celana dalam sehari minimal 2 kali sehari. Serta gunakan pakaian yang longgar guna menjaga sirkulasi darah bagian vagina tetap berjalan normal.

Memangkas rambut kemaluan secara berkala karena rambut berlebih di vagina akan menyebabkan lingkungan yang lembab dan juga menimbulkan penyakit. Jika rambut kemaluan tidak dipangkan akan menimbulkan sarang bakteri maupun kuman, dan juga merupakan salah satu penyebab keputihan pula karena kurang bersihnya vagina.

Disarankan tidak menggunakan semprotan di bagian vagina. Hal tersebut terkadang sebagian banyak orang berfikir bahwa semprotan wangi-wangian untuk vagina melambangkan kebersihan karena bau harum dari semprotan tersebut. Padahal, semprotan tersebut akan mengganggu nilai pH di bagian vagina yang menimbulkan iritasi nantinya.

Selalu menjaga kebersihan saat menstruasi. Wanita sebaiknya lebih giat dalam hal menjaga kesehatan vagina apalagi saat mens terkadang kalian lagi pms yang mana sering merasa malas-malasan. Jauhi hal itu, kalian harus selalu ingat bahwa saat mens lebih seringlah mengganti pembalut saat terasa sudah penuh. Juga bisa selektif dengan mengganti pembalut minimal 3 kaki sehari agar bakteri dari darah mens tidak timbul di daerah vagina yang akn menimbulkan iritasi maupun ruam.

Hal yang perlu juga nih buat sista, yaitu olahraga kegel. Sudah pernah dengar Belum?. Kegel merupakan olahraga vagina dengan cara saat buang air kecil, cobalah menghentikan jalan urin, dan mengencangkan otot untuk beberapa saat, setelah itu lepaskan kembali. Terdapat nilai positifnya disini yaitu membantu memperkuat otot panggul dan membantu sista dalam proses melahirkan nantinya lo.

Dalam aktivitas sehari-hari, perlu dari kalian selalu mengkonsumsi air putih berlebih agar selalu menjaga stamina dan ion tubuh. Hal tersebut juga mempengaruhi kesehatan vagina dalam membantu kelancaran dalam membuang urin.

Terakhir, kalian harus selalu mengecek vagina kalian seperti keadaan warna urin yang dikeluarkan, bau yang dikeluarkan dan lain sebagainya. Dan selalu memperhatikan kesehatan diri sendiri ya sebelum memperhatikan yang lain sista terutama rutin mengganti celana dalam wanita sehari dua kali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s